Maha Dalam Mahasiswa

Tahukah kamu kalau hanya di Indonesia seorang pelajar di perguruan tinggi disebut dengan ‘mahasiswa’? Dalam kosakata Bahasa Inggris tidak ada yang dapat menerjemahkan dari kata ‘mahasiswa’ dalam satu kata. Kata ‘mahasiswa’ diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris akan menjadi university student.

Kata ‘mahasiswa’ terdiri dari dua kata dasar yaitu ‘maha’ dan ‘siswa’. Maha yang berarti sangat; amat; besar dan siswa yang berarti murid atau pelajar. Jika kita gabungkan kedua kata dasar itu maka kita akan menemukan definisi dari kata mahasiswa, seorang pelajar yang statusnya sangat tinggi dibandingkan seorang siswa.

Berdasarkan UU No 12 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi, Pasal 13, mahasiswa diposisikan sebagai insan dewasa yang memiliki kesadaran tinggi dalam mengembangkan potensi diri dengan melakukan pembelajaran, pencarian kebenaran ilmiah, dan/atau penguasaan, pengembangan, dan pengamalan suatu cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk menjadi ilmuwan, intelektual, praktisi dan/atau profesional yang berbudaya. Dari amanat yang telah disahkan oleh pemerintah dan DPR ini menjadikan posisi mahasiswa yang sangat penting dibandingkan seorang pelajar jenjang lainnya. Jadi bukanlah posisi main-main dari status mahasiswa yang kita dapat saat ini. Bukanlah posisi seperti pelajar biasa yang hanya bertugas menuntut ilmu tetapi juga diamanat untuk bisa mengembangkan diri, mengamalkan ilmu, mencari kebenaran, dan berkarir berbudaya.

Banyak nilai dan amanat yang tinggi dari sebuah status mahasiswa. Dengan statusnya sebagai pelajar yang tinggi menjadikan mahasiswa memiliki peran yang besar dalam perkembangan bangsa dan negara. Sudah bukan rahasia lagi, mahasiswa menjadi salah satu pemain dari sejarah besar negara Indonesia. Sejak negara ini belum menyatakan kemerdekaannya, sekumpulan mahasiswa Indonesia bersatu dan berkumpul untuk menyatakan persatuan bangsa, tanah air dan bahasa sebagai rakyat Indonesia.

Peran itu terus berlanjut ketika seorang mahasiswa Indonesia menyatakan pentingnya sebuah kemerdekaan dan membacakan pledoi yang terkenalnya “Indonesia Menggugat” di Bandung. Mahasiswa tersebut dan bersama mahasiswa Indonesia lainnya bersatu dan mengikrarkan kemerdekaan bangsa yang menjadi tanah air mereka dengan pembacaan proklamasi di Jakarta. Peran pentingnya tidak hanya berakhir pada kemerdekaan Indonesia tetapi berlanjut hingga saat ini.

Catatan sejarah yang mencatat pergerakan mahasiswa dalam perkembangan bangsa membuat suara yang dikeluarkan oleh mahasiswa sangat berpengaruh bagi masyarakat banyak. Suara mahasiswa menjadi sebuah penyeimbang bila terdapat kesalahan implementasi kebijakan pemerintah yang berpengaruh banyak orang. Berbeda dengan pelajar jenjang lain, aspirasi yang disampaikan mahasiswa bisa menjadi pertimbangan pemerintah dalam menentukan suatu keputusan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Besarnya peran suara mahasiswa bukan hanya karena faktor sejarah saja yang menyebabkan hal tersebut terjadi melainkan juga posisi yang mereka terima bukan posisi yang sangat tinggi dan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Seperti kita ketahui, Indonesia adalah negara yang besar dengan jumlah penduduk yang besar pula. Dari banyaknya penduduk yang ada, tidak banyak yang bisa mendapatkan kesempatan pendidikan yang baik dan layak bagi mereka. Dengan posisi sebagai pelajar perguruan tinggi, mahasiswa seharusnya tahu bahwa mereka adalah kelompok orang yang beruntung dibanding penduduk Indonesia lainnya. Dengan keberuntungan yang mereka terima, datang juga amanat dan tanggung jawab yang tidak kecil dalam nama mahasiswa.

Sebuah title mahasiswa bukanlah sebuah sekedar posisi pelajar biasa, melainkan juga adanya keberuntungan, amanah dan tanggung jawab dari sebuah nama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s